Rabu, 20 Maret 2013

Contoh Abstrak Skripsi

ABSTRAK


Mudhi, Takdir. 2011. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Yang Berprestasi Rendah Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak  Tentang Kalimah Tayyibah Melalui Metode Demonstrasi (Studi Tindakan Pada Peserta Didik Kelas III MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan. Dosen Pembimbing: Abdul Khobir, M.Ag
Kata kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, Metode Demonstrasi

            Pendidikan Akhlak merupakan jiwa dari pendidikan Islam, karena tujuan pendidikan Islam adalah mendidik Islam agar manusia memiliki akhlak yang mulia. Dalam pendidikan Aqidah Akhlak memberikan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikan nilai-nilai keagamaan dalam akhlakul karimah dikehidupan sehari-hari. Bidang studi Aqidah Akhlak sering membicarakan hal-hal yang abstrak, sehingga dalam pembelajaranya dibutuhkan pemilihan metode pembelajaran yang tepat agar mudah dipahami dan diterima dengan baik oleh anak-anak. Dengan demikian, pemilihan metode yang tepat diharapkan dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Rumusan masalah yang dikemukakan didalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran  Akidah Akhlak tentang kalimah tayyibah kelas III MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan, bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Akidah Akhlak tentang kalimah tayyibah kelas III MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan, bagaimana pengaruh metode demonstrasi terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak tentang kalimah tayyibah kelas III MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada  mata pelajaran  Aqidah Akhlak tentang Kalimah Tayyibah  kelas III di MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan, untuk pelaksaanaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak tentang Kalimah Tayyibah kelas III di MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang berprestasi rendah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak tentang Kalimah Tayyibah  kelas III MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian antara lain memberikan masukan bagi guru dan siswa dalam memperbaiki proses pembelajaran, meningkatkan aktifitas dan kreatifitas guru dalam pengetahuan dan keterampilan, memberikan sumbangan yang baik pada sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran sehingga dapat mengantarkan peserta didik kearah yang diharapkan, menambah pengetahuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan, membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan kemajuan pada diri guru.
            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun populasi yang dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan yang berprestasi rendah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak tentang kalimah tayyibah yang berjumlah 13 peserta didik. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan interviu. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk mengetahui perubahan motivasi belajar semua peserta didik yang berprestasi rendah pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas III tentang kalimah tayyibah, sedangkan untuk menganalisis jumlah peserta didik yang mengalami perubahan pemahaman materi dan peningkatan motivasi belajar peserta didik yang berprestasi rendah digunakan analisis kuantitatif.
            Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya Pengaruhnya metode demonstrasi terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak tentang kalimah tayyibah kelas III MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan cukup besar. Dalam penelitian ini diketahui bahwa kondisi awal dari 27 peserta didik ada 13 (48,2%) peserta didik yang mengalami prestasi belajar rendah, setelah diadakan tindakan pada siklus I peserta didik yang berprestasi rendah menurun menjadi 5 peserta didik (18,5 %) dan pada siklus II semua peseta didik yang berprestasi rendah dapat meningkat 100% dapat mencapai keberhasilan yaitu dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 75. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang berprestasi rendah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak tentang Kalimah Tayyibah kelas III MI Walisongo Logandeng Karangdadap Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan demikian hipotesis dapat diterima.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar